Perlengkapan Wajib Saat Naik Gunung

Diposting pada

PLANCONG.COM – Banyak perlengkapan yang wajib di bawa saat kita mau naik gunung. Yang paling umum atau sering kita lihat carrie selain itu yang paling penting juga persiapan fisik dan mental. Selanjutnya perlengkapan yang juga wajib sobat masukan dalam daftar list. Ada satu saja perlengkapan yang tertinggal, tingkat keselamatan akan menurun saat berada di medan yang ekstrem. Berikut daftar peralatan yang wajib sobat mlancong bawa saat mendaki gunung.

Perlengkapan yang Wajib Di Bawa Saat Naik Gunung
Sumber : unsplash

1. Sepatu hiking.

Wajib banget nih untuk memakai sepatu khusus untuk mendaki. Sepatu hiking didesain secara khusus untuk kegiatan outdoor sehingga mempunyai daya cengkeram tinggi, kuat, tahan terhadap berbagai cuaca, dan mampu melindungi kaki secara maksimal.


2. Matras dan Sleeping bag

Pada umumnya jika kita naik gunung kita akan sangat memerlukan tenda untuk beristirahat di puncak. Tapi, jika tenda dirasa terlalu ribet, perlengkapan minimal yang harus di bawa adalah matras dan kantong tidur. Keduanya akan melindungi sekaligus membuat tidur lebih nyaman dan hangat sangat dingin menerpa.

3. Tas gunung (carrier).

Kan nggak lucu kalau kita naik gunung membawa koper, nanti dipikir kita mau mudik pula. Oleh sebab itu carrier merupakan bagian paling penting untuk mengangkut barang-barang bawaan kita menuju puncak. Pilihlah tas gunung yang tahan air dan ergonomis, mampu memuat banyak barang tetapi tidak “makan tempat”. Tas gunung berwarna cerah akan membuat kita mudah terlihat saat berada di hutan.

4. Perlengkapan serbaguna: Pisau, korek api, senter, peluit.

Meski terlihat sepele,namun barang-barang ini sangat kita perlukan ketika kita naik gunung. Gunakan pisau lipat yang multifungsi. Selain itu juga pasti akan membutuhkan korek api untuk membuat perapian, entah untuk memasak, menghangatkan badan, atau melindungi diri dari ancaman hewan liar. Senter combo bertenaga surya dan batere high-durability juga sebaiknya juga di bawa. Pilih senter headlamp yang lebih praktis. Peluit bisa digunakan untuk menujukkan keberadaan Anda jika tersesat.

Baca Juga  Sejumlah Kandungan Yang Harus Ada Pada Susu Pertumbuhan Anak

5. Peta dan kompas/GPS.

Peta dan kompas tidak hanya menunjukkan di mana kita berada dan seberapa jauh telah mencapai tujuan, tapi juga dapat membantu kita mencari spot kemping dan juga sumber air. Selalu bawa peta dan kompas sebagai cadangan apabila GPS tidak berfungsi.

6. Air cadangan dan purifier.

Ini penting banget dibawa, jangan sampai kita dehidrasi dan kekurangan air. Sebaiknya sediakan minimal 2liter atau lebih untuk perjalanan. Kita akan membutuhkan banyak air untuk cadangan tenaga ketika mendaki. Sediakan juga purifier untuk membersihkan air jika persediaan air habis dan harus menggunakan air di sana.

7. Makanan cadangan.

Usahakan untuk membawa makanan lebih dari cukup. Kami menyarankan untuk membawa makanan tambahan untuk satu hari. Jika total waktu mendaki kira-kira dua hari, bawa makanan untuk tiga hari. Sebaiknya, Kita membawa makanan kering yang bisa di olah sewaktu-waktu dan lebih praktis. Biasanya nih kalau naik gunung kita memilih untuk membawa yang praktis-praktis, seperti : bubur instan, mi instan, kopi sachet. Agar hemat tempat juga.



8. Baju cadangan dan jas hujan.

Setiap kali naik gunung, selalu sediakan jas hujan dan juga baju cadangan karena kita tidak pernah tahu cuaca yang akan menghadang. Selain untuk melindungi tubuh dari siraman hujan, jas hujan juga bisa berfungsi menahan terpaan angin dan suhu dingin. Pilih pakaian yang mudah menyerap keringat sekaligus cepat kering. Gunakan pula pelindung kepala, seperti topi, hoodie, danbeanie.

9. Obat-obatan P3K.

Membawa P3K juga sangat penting. Obat untuk luka luar, antibiotik, perban, minyak gosok, obat tetes mata, dan obat flu ringan adalah beberapa jenis obat pertolongan pertama yang harus kita bawa. Jika kita mengidap asma, jangan lupa membawa obat semprot inhaler.

Baca Juga  Pilih Kursi Paling Belakang Saat Terbang, Ini nih Alasannya

10. Tabir surya dan kacamata hitam.

Meski kita seorang pria petualang, tetap dong butuh pelindung kulit agar tak terbakar surya. Kacamata hitam juga bisa menjadi perlengkapan yang kita butuhkan untuk melindugi mata.