Cara Mengecek Travel Umroh Resmi Secara Online

Diposting pada

PLANCONG.COM – Cara Mengecek Travel Umroh Resmi Secara Online. Kapan ya bisa menunaikan rukun islam yang-5? Itulah pertanyaan yang sering muncul dalam pikiran saya. Setiap umat muslim pasti juga ingin menunaikan ibadah haji, termasuk saya pribadi. Namun melihat panjangnya antrian, yang bahkan sampai puluhan tahun. Kakek nenek saya berangkat haji 15tahun kemudian. Barangkali sayapun jika mendaftar akan berangkat beberapa tahun lagi. Ada baiknya mendaftar umroh terlebih dahulu, kebetulan juga ada beberapa rombongan umroh jogja yang akan berangkat tahun depan.

Cara_Mengecek_Travel_Umroh_Resmi_Secar_Online
Source : instagram @mekah_madinah

Cara Mengecek Travel Umroh Resmi

Sebelum Kita memutuskan untuk menggunakan paket perjalanan umroh dari suatu travel umroh, sebaiknya jangan buru-buru memesannya. Karena dikhawatirkan travel umroh tersebut merupakan lembaga yang tidak formal. Oleh sebab itu untuk lebih amannya, Kita dapat cek PPIU di website resmi Kementerian Agama dan pastikan travel umroh tersebut memiliki kredibilitas yang baik, serta memiliki izin resmi dan terdaftar di Kementerian Agama.

Untuk mengantisipasi terjadinya kasus penipuan yang dilakukan oleh travel agen nakal ada beberapa himbauan kepada seluruh masyarakat yang akan melaksanakan ibadah umrah harus berhati-hati dan selektif dalam memilih travel umroh.

Cara_Mengecek_Travel_Umroh
Source : instagram @mekah_madinah

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah memastikan biro travel umroh tersebut sudah memiliki izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Nah, bagi Kamu yang belum tahu bagaimana mengecek izin travel umroh, berikut dua cara cara mudah yang bisa dilakukan secara online;

1. Cek Izin Travel Umroh Melalui Website Kementerian Agama

Berikut Cara Cek Izin Travel Umroh Melalui Website Kementerian Agama Caranya langsung saja :


  • Buka website =>> kemenag.go.id (website resmi Kementerian Agama). Setelah wesbsitenya terbuka silakan ketik nama biro travel umroh di kolom pencarian yang tersedia, lalu kemudian klik tombol cari PPIU.
  • Jika travel umroh yang di cek benar-benar terdaftar resmi di Kementerian Agama Republik Indonesia, maka akan muncul informasi secara detail terkait biro travel umroh tersebut. Mulai dari nama perusahaan, nomor SK (nomor izin PPIU), status akreditasi, nama direktur, serta kontak dan alamat lengkap kantornya.
  • Jika informasi yang dimaksud tidak muncul di website resmi Kementerian Agama (Kemenag) maka dapat dipastikan agent travel umroh yang bersangkutan belum memiliki izin sebagai Penyelenggara Perjalanan Iabdah Umrah.
Baca Juga  Perut Buncit? Yuk Olahraga Untuk Mengecilkan Perut

2. Cek Izin Travel Umroh Melalui Aplikasi Umrah Cerdas

  • Caranya silakan instal aplikasi Umrah Cerdas ke smart phone anda terlebih dahulu. Setelah aplikasinya terinstal sempurna langsung saja open/buka. ​
  • Selanjutnya pada halaman utamanya silakan Kamu pilih menu PPIU. Untuk memudahkan mengecek izin travel umroh sesuai keinginan silakan ketik atau masukan nama travelnya di kolom “Cari PPIU”. Nah… jika jasa travel perjalanan umroh yang Kamu cek sudah mengantongi izin resmi sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dari Kementerian Agama maka akan muncul data-datanya pada aplikasi Umrah Cerdas ini secara detail.

Berikut ini beberapa cara memilih travel umroh yang aman dan resmi:

1. Pilih Travel Umroh yang Memiliki Legalitas yang Jelas

Travel umroh yang resmi pasti akan mendaftarkan usahanya di Kementerian Agama, untuk melakukan hal tersebut ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan tentunya itu bukanlah hal yang mudah dilakukan. Apalagi dilakukan oleh penipu berkedok travel umroh dan haji, tentunya rasanya mustahil.

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pihak travel umroh dalam mengurus perizinannya, agar terdapat di Kementerian Agama:

  • Surat izin tetap usaha pariwisata
  • NPWP perusahaan
  • Surat keterangan domisili perusahaan
  • Tanda daftar perusahaan
  • Surat Keterangan dari Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh
  • Surat Keterangan dari Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh
  • Surat Keterangan dari Menteri Kehakimah berupa Akta Pendirian Perusahaan
  • Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syariah MUI
  • Sertifikat Anggota Amphuri

2. Periksa Alamat Kantor /  Perusahaan

Biasanya travel umroh yang resmi dan terdaftar di Kementerian Agama, memiliki alamat kantor yang jelas dan bisa didatangi kapan saja. Kamu bisa mengecek di Google Maps terlebih dulu, jika dirasa meragukan bisa langsung mendatangi secara langsung

Baca Juga  Drinks That Can Calm and Make Your Mood Better

3. Rekam Jejak Perusahaan

Travel Umroh resmi yang bisa dipercaya tentunya mempunyai rekam jejak yang bagus, untuk melihat rekan jejaknya. Kamu bisa melihat mulai dari kapan travel umroh tersebut didirikan dan seberapa lama pengalaman perusahaan tersebut melayani masyarakat.

Serta perhatikan berapa kali travel umroh tersebut memberangkatkan jamaah, semakin sering dan rutin. Bisa dijadikan tanda bahwa travel umroh tersebut memiliki kredibilitas yang baik. Hal tersebut juga menandakan bahwa mereka memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para jamaahnya.



4. Cek PPIU untuk Memastikan Legalitas

Cara mengecek travel umroh resmi yang paling utama yaitu dengan memastikan legalitasnya, tidak perlu mengunjungi pihak instansi terkait. Karena Kita bisa mengecek PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh) secara online melalui website resmi Kementerian Agama.

Berikut ini cara cek PPIU untuk memastikan apakah nama travel umroh yang akan Anda gunakan sudah terdaftar di Kementerian Agama:

  • Pertama kunjungi alamat website Kementerian Agama di https://simpu.kemenag.go.id/
  • Lalu Akan muncul pencarian PPIU di halaman utama pada website tersebut
  • Selanjutnya ketik nama travel umroh yang akan Anda gunakan di kolom pencarian, pastikan ejaan namanya sudah benar karena akan berpengaruh pada hasil pencarian
  • Setelah itu akan muncul keterangan izin dan akreditasi dari travel umroh tersebut

5. Cara Pembayaran

Selain melakukan cek PPIU, cara mengecek travel umroh resmi yang selanjutnya yaitu dengan mengecek sistem pembayaran yang dilakukan oleh pihak jasa penyedia umroh, pastikan mereka tidak mengarahkan Kita untuk mentransfer uang ke rekening pribadi. Travel umroh resmi memiliki akun rekening perusahaan yang dibuat secara khusus untuk menampung pembayaran dari jamaah.

Baca Juga  Best Sulawesi Tourist Attractions Interesting To Visit

6. Jangan Menggunakan Travel Umroh Dengan Sistem MLM

Travel umroh yang menggunakan sistem MLM, biasanya meminta jamaah membayar sejumlah uang untuk bisa bergabung. Kemudian setelah bergabung, calon jamaah tersebut diminta mencari orang lain untuk bergabung dan menjadi downline. Jika jumlah downline yang telah ditentukan sudah terpenuhi barulah bisa berangkat ibadah umroh.

Sistem MLM itu sebetulnya hanya menguntungkan pihak travel umroh saja karena tidak memfokuskan perusahaan dalam memberikan pelayanan yang baik. Serta sisi lain juga banyak ulama yang mengharamkan sistem MLM ini, karena dianggap menguntungkan satu pihak saja.