Cara Merawat Rambut Pendek Wanita Agar Tetap Sehat dan Kuat

Diposting pada

PLANCONG.COMCara Merawat Rambut Pendek Wanita Agar Tetap Sehat dan Kuat. Memiliki rambut model pendek memang memiliki kelebihan, yaitu praktis, bebas gerah, mudah disisir, hemat sampo, dan sederet keuntungan lainnya. Namun, tetap saja kita perlu tahu cara merawat rambut pendek dengan tepat, untuk menghindari bad hair day yang bisa merusak mood-mu. Dengan perawatan yang tepat akan membuat rambut tetap sehat dan kuat.

Cara-Merawat-Rambut-Pendek-Wanita-Agar-Tetap-Sehat-dan-Kuat
Source : unsplash

Tidak sedikit wanita yang mengira cara merawat rambut pendek lebih mudah daripada rambut panjang. Padahal, tidak selalu demikian. Diperlukan perawatan dari dalam dan luar yang tepat agar rambut pendek tetap tampak indah, sehat, dan berkilau.

Model rambut pendek kerap dipilih karena mudah diatur dan tidak gerah. Meski demikian, rambut pendek bukan berarti terbebas dari berbagai masalah rambut, seperti tampak kering, kusam, rontok, atau bercabang. Oleh karena itu, perawatan rutin perlu dilakukan agar kesehatan rambut tetap terjaga.

Cara Merawat Rambut Pendek agar Tetap Sehat


1. Memilih sampo yang tepat

Ada beberapa jenis produk sampo di pasaran, tetapi perlu lebih teliti dalam memilih sampo yang tepat dan sesuai dengan kondisi rambut agar rambut pendek tidak tampak rusak.

Untuk Kamu yang memiliki tipe rambut pendek yang kering, bisa menggunakan sampo yang mengandung pelembap, misalnya minyak argan. Selain itu, bagi pemilik rambut pendek dan tipis, Kamu bisa memilih sampo berlabel volumizing yang memiliki efek menambah volume rambut.

2. Perhatikan cara penataan rambut

Apabila Kamu ingin menata rambut pendek menggunakan pengering rambut atau catokan, pastikan untuk tidak menggunakannya terlalu dekat hingga menyentuh rambut, apalagi kulit kepala. Untuk melindungi rambut dari panas mesin penata rambut, bisa menggunakan minyak atau serum rambut yang sudah banyak tersedia di pasaran. Produk khusus pelindung rambut dari panas biasanya mencantumkan label heat protectant pada kemasannya.

Baca Juga  Cocok Bagi Pemula, Berikut Gunung dengan Jalur Pendakian Termudah

3. Gunakan kondisioner sesuai jenis rambut

Selain sampo, Kamu juga harus cermat dalam memilih dan menggunakan kondisioner sesuai jenis rambut. Jika rambut cenderung kering, pilihlah kondisioner yang berfungsi melembapkan atau bertuliskan frizzy hair di kemasan. Gunakan kondisioner secara rutin setiap kali selesai keramas.

Untuk rambut berminyak, kondisioner sebenarnya tetap boleh digunakan. Hanya saja penggunaannya tidak boleh terlalu sering atau terlalu banyak, karena justru bisa membuat rambut tampak lepek. Selain itu, pastikan pemakaian kondisioner tidak sampai ke kulit kepala.

4. Potong ujung rambut secara teratur

Apabila ujung rambut Kamu banyak yang bercabang, mulailah untuk menggunting ujung rambut secara rutin, setidaknya setiap 4–6 minggu. Menurut penelitian, memotong ujung rambut baik untuk mengurangi kerusakan rambut lebih parah dan mendukung pertumbuhan rambut lebih sehat.

5. Jangan terlalu sering keramas

Untuk merawat rambut pendek, hindari terlalu sering mencuci rambut atau keramas. Kebiasaan ini justru dapat menghilangkan minyak alami yang berfungsi sebagai pelembap rambut dan membuat rambut menjadi kering, sehingga rambut terlihat tidak sehat.

Pada rambut yang kering, Anda hanya perlu keramas 1–2 kali seminggu. Sementara untuk rambut berminyak, Anda bisa keramas lebih sering guna membersihkan minyak berlebih, baik pada rambut maupun kulit kepala.

6. Mengkonsumsi makanan sehat untuk rambut

Selain merawat rambut pendek dengan serangkaian perawatan dari luar, Kamu tetap perlu menunjang kesehatan rambut dari dalam, yaitu melalui konsumsi beragam makanan sehat untuk rambut.

Makanan yang baik untuk mendukung kesehatan rambut umumnya yang mengandung protein dan zinc, misalnya telur, daging, pisang, alpukat, kacang almond, mete, dan kenari. Selain itu, buah dan sayuran hijau juga diperlukan untuk memenuhi asupan vitamin yang diperlukan rambut.

Baca Juga  A Heaven of Delicious Food, 5 Food Markets You Must Visit in Tokyo

7. Hindari Menyisir saat Rambut Basah



Menguasai cara menyisir dengan benar sangat membantu menjadikan rambut pendekmu terhindar dari masalah. Misalnya, rambut menjadi rontok, mudah patah, kusut, dan mengembang.

Mempraktikkan teknik menyisir yang tepat bisa dimulai dengan dengan menyisir setelah keramas dengan kondisi rambut lembap atau sudah agak mengering. Dengan cara ini, rambut lebih mudah diurai meski hanya memakai jari. Hindari menyisir saat rambut basah agar terhindar dari rontok yang semakin banyak.

Selain itu, kamu bisa mengurai rambut dengan jari sebelum keramas. Teknik menyisir jari ini bahkan bisa semakin membuat rambut lebih mudah ditata saat kering.

8. Hindari Keramas dengan Air Hangat

Air hangat berpotensi menyebabkan rambut kehilangan kelembapannya. Minyak pelindung alami di kulit kepala akan lebih cepat tergerus saat dibilas dengan air hangat dibandingkan air bersuhu dingin.

Rawat kebersihan rambut pendekmu dengan keramas menggunakan air bersuhu lebih rendah dari suhu ruang. Hindari memakai air hangat. Terlalu sering keramas dengan kucuran air hangat justru menyebabkan rambut rentan kering.

9. Lindungi Rambut dari Paparan Sinar Matahari

Lindungi setiap helai rambutmu dengan menutupnya dengan kain, hijab, topi, atau cap khusus. Paparan sinar ultraviolet yang berbahaya bisa merusak rambutmu. Bukan hanya itu saja, terpaan udara yang tercemar, asap, dan air yang mengandung bahan kimia dari shower maupun kolam renang mampu merusak rambutmu.