Cocok Bagi Pemula, Berikut Gunung dengan Jalur Pendakian Termudah

Diposting pada

PLANCONG.COM – Sekarang, mendaki gunung bukanlah murni sebuah hobi, melainkan kadang sudah dianggap sebagai gaya hidup. Kurang lengkap rasanya bila seumur hidup belum naik gunung. Apalagi nih tujuannya jika buka membuat feed instagram terlihat lebih kece badai..uhukkk. Namun bagi mereka yang expert, tentu mendaki gunung-gunung dengan medan terjal sekalipun tidak menjadi masalah. Pengalaman lapangan mereka telah berbicara dan membuktikannya.

gunung-dengan-jalur-pendakian-termudah
Sumber gambar : google image

Lalu, bagaimana dengan mereka yang minim experinence pendakian? Apa tidak bisa mendaki gunung. Tenang sobat mlancong, kamu bisa banget mendaki gunung. Berikut ini Kita akan sajikan tulisan gunung dengan jalur pendakian termudah, cocok bagi pemula. Yuk simak yaa!

1. Gunung Andong – 1762 Mdpl

Gunung Andong terletak di Jawa Tengah. Merupakan salah satu gunung yang ramah bagi para pemula. Dengan ketinggian 1762 Mdpl kamu bisa mendakinya hanya dalam waktu 2 jam. Meski terbilang kecil jangan salah ya, gunung ini memiliki pemandangan di puncak amazing banget. Kamu bakal dikelilingi gunung-gunung keren di Jawa Tengah seperti Sindoro Sumbing, Merapi Merbabu, dan Gunung Ungaran.

2. Gunung Pulosari – 1346 Mdpl

Jalur yang relatif pendek bukan bisa ditempuh sekitar 1,5-2 jam saja? Kamu hanya harus mendaki 1346 Mdpl.  Meski jalur yang singkat, tapi treknya lumayan capek karena jalurnya lumayan terjal. Namun rasa capek tersebut akan terobati jika kita sudah sampai di puncak, kita akan melihat cantiknya si kawah Ratu. Berminat ke sini? Gunung Pulosari berada di daerah Pandeglang, Banten.


3. Gunung Papandayan –  2265 mdpl

Gunung Papandaya berada di daerah Jawa Barat. Bagi kalian yang tinggal di Jawa Barat pasti sangat setuju jika Gunung Papandayan adalah gunung yang cantik dan sangat ramah bagi semua pendaki, termasuk pendaki pemula.

Baca Juga  Pilih Kursi Paling Belakang Saat Terbang, Ini nih Alasannya

Gunung Papandayan benar-benar menjadi idola. Jalur pendakian yang akan kamu tempuh cukup ringan. Kemegahan kawah-kawah gunung Papandayan, keeksotisan hutan mati, serta padang edelweis yang memukaunya telah meluluhkan hati para pendaki.

4. Gunung Ijen – 2443 Mdpl

Gunung Ijen sangat terkenal dengan blue firenya dan kawah belerang yang memukau kian naik daun. Dengan ketinggian yang tidak begitu tinggi, 2443 Mdpl, kita bisa mencapai puncak gunung dalam waktu 2 jam dari base camp Platidung.

Namun, jika kamu ingin mencoba turun setelah naik ke kawah Ijen. Siapkan tenaga ekstra ya agar tidak lelah dip tengah perjalanan. Namun rasa lelah itu juga akan terobati setelah kita sampai dibawah, semua tidak akan terbuang sia-sia karena pemandangannya begitu menakjubkan.

5. Gunung Gede – 2958 Mdpl

Gunung Gede merupakan gunung yang relatif pendek ini menyuguhkan lanskap alam yang tidak kalah indahnya dari Gunung Papandayan. Sama halnya seperti Gunung Papandayan, Gunung Gede pun menjadi idola pendaki masa kini, masa lalu, dan masa mendatang. Trek yang ringan, air terjun Ciebereum, sumber air panas, serta padang edelweis Surya Kencana yang menjadi alasan.

6. Gunung Prau – 2565 Mdpl

Siapa sih yang belum tahu Gunung Prau? Kepopulerannya begitu melegenda. Bisa dibilang, Gunung Prau yang terletak di Wonosobo ini adalah gunungnya semua umat.

Pemandangan alam di atas puncak Prau sangat indah, spektakuler, amazing, sehingga menjadi daya tarik para pendaki. Selain itu, Gunung Prau mempunyai Golden Sunrise yang sangat femes di negeri Indonesia. Kabar baiknya, trek yang pendek dan cukup bersahabat untuk pendaki dari berbagai golongan.

Ketika kamu sampai di puncak, bukan puncak kerucut pada umumnya yang akan kamu lihat. Tapi padang rumput luas layaknya bukit teletubies. Jangan lupa bawa dom ya kalau naik ke sini.

Baca Juga  Restoran All You Can Eat Di Hotel Jogja 2019



7. Gunung Panderman – 2045 Mdpl

Gunung Panderman ini cocok banget buat kamu pendaki pemula. Jalur pendakian yang santai dan mulus hampir tidak ada rintangan yang menghadang. Kamu bisa mendaki Gunung Panderman sebagai “latihan” sebelum mendaki gunung dengan medan yang terjal.

Meski ringan, pemandangan dari atas Gunung Panderman cantik lho. Pemandangan lampu kota pada malam hari terlihat syahdu. Coba ke sana sama mantan pasti kamu langsung balikan.

8. Gunung Penanggungan – 1653 Mdpl

Jangan senang dulu, meski cuma setinggi 1653 Mdpl, tapi gunung ini bisa membuat kamu lumayan capek. Gunung Penanggungan yang terletak di Mojokerto ini membutuhkan waktu 4 jam untuk sampai di puncak lewat jalur Tamiajeng, Trawas.

Bagi kamu yang masih pemula, harus benar-benar ekstra hati-hati mendaki gunung ini. Meski terbilang pendek, tapi jalurnya cukup terjal. Kamu akan menemui tanjakan dengan kemiringan 65 derajat.