Gunung di Jawa Barat Favorit Para Pendaki

Diposting pada

PLANCONG.COM – Tanah sunda memiliki begitu banyak keindahan yang sangat memukau. Dilewati oleh gunung berapi aktif maupun yang stidak aktif membawa keberkahan tersendiri bagi warga Jawa Barat. Tidak hanya saja tanahnya yang subur, akan tetapi juga keindahan dan kontur alam yang disuguhkan akibat dari dampak letusan gunung berapi.

Gunung-di-Jawa-Barat-Favorit-Para-Pendaki
Sumber : unsplash

Dengan banyaknya gunung yang betebaran di sekitar Jawa Barat, tidak heran jika provinsi ini turut menjadi salah satu incaran para pendaki, baik pendaki pemula maupun pendaki profesional. Nah sobat mlancong berikut gunung-gunung di Jawa Barat yang menjadi favorit para pendaki.

1. Gunung Cikuray


Terletak di Kabupaten Garut, Gunung Cikuray memiliki ketinggian 2.818 Mdpl. Untuk mencapai gunung ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Walaupun jaraknya tidak terlalu jauh dari kota-kota besar, tetapi terbatasnya transportasi yang bisa mengantarkan ke titik pendakian membuat biaya menjadi membengkak. Oleh karena itu menyewa mobil atau menggunakan jasa ojek merupakan pilihan yang paling bijak.

2. Gunung Ciremai

Gunung memiliki ketinggian 3.078 Mdpl dan merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)

Gunung ini memiliki dua buah kawah, yaitu kawah pertama beradius 400 meter yang terpotong oleh kawah kedua yang berada di timur dengan radius 600 meter. Selain itu juga terdapat sebuah gowa yang diberi nama Gowa Walet yang terbentuk dari adanya letusan pada jaman dulu.

Untuk dapat  mencapai titik tertinggi dari gunung ini terdapat 3 jalur pendakian. Jalur pertama dari Majalengka, jalur kedua dari Palutungan dan yang terakhir melalui Linggarjati. Tiap-tiap jalur menyimpan sensasi tersendiri bagi para pendaki. Namun yang paling banyak dilewati yaitu Jalur Linggarjati, memiliki jalur yang berat dan terjal, sehingga menantang bagi para pendaki.

Baca Juga  Wonderful Indonesia Raja Ampat

3. Gunung Pangrango dan Gunung Gede

Memiliki ketinggian 3.019 Mdpl, Gunung Pangrango menjadi gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. Terletak persis bersebelahan dengan Gunung Gede (2958 Mdpl) dan masih berada dalam satu kawasan Taman Nasioanal Gede Pangrango. Berada di 3 wilayah, Kabupaten Cianjur, Bogor, dan Sukabumi membuat gunung ini menjadi favorit para penikmat dan pecinta alam. Selain itu juga jaraknya cukup berdekatan dengan Ibu Kota Jakarta.

Jalur Cibodas dan jalur Gunung Putri, merupakan jalur yang sering dipakai untuk para pendaki karena kemudahan aksesnya menuju tempat ini, banyaknya penginapan dan rumah makan yang bisa menjadi bekal pada saat pendakian.

4. Gunung Patuha

Nama gunung yang satu ini mungkin kurang populer dibandingkan dengan Gunung Tangkubanperahu. Tapi apabila kita menyebut Kawah Putih, semua orang pasti mengetahuinya. Kawah Putih merupakan sebuah kawah akibat dari letusan Gunung Patuha yang memilki ketinggian 2.386 Mdpl.

Untuk menuju lokasi danau Kawah Putih, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dari arah Bandung. Setelah memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang cukup luas, kita bisa melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 7 km dari objek wisata Punceuling melewati jalan setapak yang dikelilingi hutan alam yang masih asri.

Yang unik dari kawah ini adalah warnanya yang selalu berubah-ubah, terkadang hijau apel kebiru-biruan, terkadang warnanya berubah menjadi coklat susu. Tidak hanya itu, yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah dominasi warna putih pada pasir dan bebatuan, jadi tidak heran tempat ini dinamakan Kawah Putih.



5. Gunung Puntang

Merupakan salah gunung yang cukup terkenal di daerah Bandung dengan ketinggian 2.224 Mdpl, terletak di daerah Pangalengan memiliki banyak kegiatan alam yang bisa dilakukan disini seperi hiking, camping, outbond.

Baca Juga  Harga Tiket Masuk Mini Zoo Exotarium Jogja

Untuk masuk ke bumi perkemahan, kita harus masuk sejauh 1 kilometer melalui jalur perkemahan. Dari perkemahan ini kita bisa melihat tebing Gunung Puntang yang curam. Terdapat 2 pos registrasi di Gunung Puntang. Pos pertama melalui Pos Perhutani yang akan dikenai biaya masuk sekitar 5 ribu rupiah, sedangkan Pos PGPI anda tidak akan dikenakan biaya alias free. Untuk melakukan pendakian membutuhkan waktu kurang lebih 3-5 jam melewati vegetasi yang cukup lebat.

6. Gunung Papandayan

Masih berada di Kabupaten Garut, Gunung Papandayan yang terletak di Kecamatan Cisurupan dengan ketinggian 2.665 Mdpl merupakan salah satu gunung terfavorit bagi kalangan pendaki. Memiliki empat buah kawah besar sebelum letusan yang terjadi pada tahun 2002.

Jalur untuk mencapai gunung ini tidak terlalu berat dan sulit, karena sudah ada jalan aspal yang mulus dari bawah hingga ke dekat kawah gunung. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, bisa memarkir kendaraan tersebut di tempat parkir yang cukup luas dan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 5 menit.

Bagi para pendaki gunung yang ingin melanjutkan dengan berjalan kaki, bisa melakukan trekking dari alun-alun Pondok Salada hingga kepuncak gunung hingga sampai kepuncak waktu yang ditempuh dengan trekking kurang lebih 6 jam lamanya. Untuk masuk ke kawasan ini hanya dikenakan retribusi sebesar 3000 rupiah.