Kegiatan Di rumah yang Menghasilkan Uang

Diposting pada

PLANCONG.COM – Haloo sobat mlancong, dimanapun kalian berada semoga kesehatan senantiasa menyertai kita semua. Hampir setengah tahun ini kita kuat kita di anjurkan untuk tidak kemana-mana begitulah yang santer digaungkan dimana-mana #dirumahaj itu yang harus dilakukan. Sebagai seseorang yang gemar melakukan perjalanan tentu hal tersebut berat dan menjadi tantangan tersendiri. Harapan mimin semoga mendatangkan banyak kebaikan selama kita dirumah aj, minimal bisa memutus rantai penyebaran virus corona. Selamat menempuh musim pancaroba ditengah pandemi, selamat Juni.

Wabah virus corona atau covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan kita. Dampak ekonomi salah satu yang paling dirasakan masyarakat. Banyak orang yang kehilangan pekerjaannya dan dengan pemilik usaha yang terpaksa gulung tikar. Banyak karyawan yang di PHK, sehingga mereka kehilangan pekerjaan utama sebagai seorang kepala keluarga.

Kegiatan-Di-rumah-yang-Menghasilkan-Uang
Source : unsplash

Disituasi seperti sekarang ini mencari pekerjaan pun menjadi sulit sebab pemerintah menganjurkan para pekerja untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Pembatasan aktivitas di luar rumah dilakukan untuk menekan penyebaran virus Corona yang terus meningkat. Meskipun situasi sedang sulit janganlah berputus asa. Berikut beberapakKegiatan Di rumah yang Menghasilkan Uang :

1. Jualan Online

Pekerjaan yang bisa dilakukan umumnya adalah pekerjaan yang berbasis online, salah satunya mengelola bisnis online shop. Kamu bisa menjual produk fashion seperti: Pakaian, tas, sepatu hingga aksesoris. Fashion adalah produk yang paling banyak dicari orang saat berbelanja online.


Saat lagi dirumah aja kamu bisa membuka dan mengelola bisnis online shop kamu sendiri. Saat ini untuk membuat online shop tidak sulit, ada banyak marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual produkmu.

Baca Juga  Cara Refund Tiket Pesawat AirAsia

Selain memanfaatkan marketplace, kamu juga dimudahkan dengan media sosial seperti Instagram dan Facebook. Unggah produk jualan kamu ke sosial media lalu share ke teman-temanmu, atau jika punya modal kamu bisa mengiklankannya. Biaya iklan di Instagram dan Facebook juga tidak mahal kamu bisa beriklan mulai dari 50 ribu saja.

2. Menjadi  Youtuber

Kebayang ga jadi Youtuber. Sebut saja Atta Halilintar yang memiliki subscriber mencapai 20,4 juta orang dia tekah memiliki pendapatan menyentuh angka US$3,2 juta atau sekitar Rp 44,8 miliar per tahun atau kurang lebih 2 miliar per bulan. Penghasilan dari Youtube fantastis bukan?

Sebagai Content Creator Youtube kamu bisa mendapatkan penghasilan lewat beriklan di Google Adsense, membuat konten bersponsor, bergabung dalam affiliate marketing atau menjual produk kamu sendiri di cahnnel Youtube kamu.

3. Jadi influencer di Instagram

Saat ini banyak sekali Influencer dimana-mana dengan follower yang dimiliki di Instagram, mereka bisa bekerjasama dengan perusahaan untuk mempromosikan produk dari perusahaan tersebut atau biasa disebut sebagai endorsement.

Dari setiap post dan story yang diupload, perusahaan akan membayar sesuai dengan perjanjian. Murah atau mahalnya bayaran tergantung seberapa besar audience atau follower yang kamu miliki di Instagram.

4. Mengisi survei online

Ada banyak situs di internet yang menawarkan survei online berbayar. Artinya dengan kamu mengisi survei pada situs tersebut kamu akan mendapatkan uang. Selain uang, biasanya reward lain yang akan diberikan bisa berupa voucher atau kupon belanja, hadiah berupa barang, pulsa dan lainnya.

5. Jual stock foto di internet

Ada banyak situs di internet yang memberikan kamu akses untuk mendapatkan foto-foto secara gratis ataupun berbayar. Situs seperti ini disebut sebagai stock website, sedangkan orang-orang yang berkontribusi mengirimkan karya grafisnya disebut stock artist.

Baca Juga  Kolam Renang di Jogja yang Murah Meriah

Kalau kamu punya hobi dan skill fotografi, kamu bisa menjual hasil foto kamu sebagai stock foto di situs-situs seperti ini: Shutterstock, Flickr, Unsplash dan lain-lain. Pekerjaan ini tentu terbilang mudah untuk mendapatkan uang saat kamu tidak boleh keluar rumah.

6. Menghasilkan uang dari bekerja sebagai penulis lepas

Banyak perusahaan yang memiliki website dan butuh untuk memperbarui kontennya. Biasanya mereka akan menggunakan jasa penulis lepas untuk mengisi konten artikel di websitenya.

Rata-rata harga artikel dengan 1.000 kata di website antara Rp. 25.000 – Rp. 100.000. Jadi jika kamu bisa menulis satu artikel sehari dalam sebulan kamu bisa menghasilkan penghasilan tambahan rata-rata Rp. 1.000.000 dari jasa penulisan.

7. Menjadi proofreader atau editor

Menjadi proofreader atau editor freelance. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang memang suka membaca dan menulis. Sebagai seorang proofreader kamu akan bekerja dengan memeriksa kesalahan-kesalahan ketik yang ada pada sebuah naskah agar menjadi enak dibaca. Kamu ditugaskan untuk memeriksa file, menemukan kesalahan ketik, dan memperbaikinya.



Umumnya I akan dibayar berdasar jumlah halaman naskah yang dikerjakan. Biasanya berkisar antara Rp5.000 – Rp10.000 per halaman untuk standar penerbitan buku. Kamu bisa menumukan banyak lowongan untuk jasa ini diinternet.

8. Penerjemah bahasa

Era komunikasi global seperti sekarang ini menuntut para pengusaha untuk menawarkan produk atau jasanya dengan berbagai bahasa. Keterbatasan bahasa menjadi peluang bagi para ahli bahasa, karena jasa penerjemahan masih banyak dicari dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Jika kamu menguasai bahasa asing, kamu bisa memilih ide usaha ini. Dengan bermodalkan kemampuan berbahasa asing, kamu bisa mendapatkan penghasilan lebih. Kamu bisa mencari pekerjaan penerjemah melalui berbagai situs online. Biasanya jasa ini banyak dicari untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting, makalah, jurnal, dan lainnya.

Baca Juga  Ingin Mendaftarkan Kartu Baru Smartfren? Ini Caranya

9. Menjual jasa desain grafis

Jika kamu punya keterampilan desain grafis, kamu bisa memanfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan saat bekerja dirumah. Dengan modal, software desain dan jaringan internet kamu sudah bisa menjual jasa desain grafis lewat beberapa markteplace penyedia jasa jual beli desain grafis seperti sribu.com dan projects.co.id, 99designs.com, elance.com, serta upwork.com.

12. Cuan lewat jual barang bekas online

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghasilkan uang dari rumah saat wabah adalah dengan menjual barang-barang bekasmu secara online. Cara ini bisa kamu lakukan jika memang ada kebutuhan yang mendesak atau memang kamu memiliki barang-barang yang masih bagus namun sudah tidak kamu gunakan lagi.