Kuliner Khas Solo Siang Hari Yang Legendaris

Diposting pada

PLANCONG.COM –  Sobat Mlancong kalau dengar kota Solo apa yang ada dipikiran kalian? Kalau mimin sih Pak Jokowinya..hahhah Mungkin karena beliau berasal dari Kota tersebut kali ya. Well, berbicara tentang Kota Solo dan segala kuliner serta wisatanya, tentu akan membuat rencana weekend kita semakin seru. Kenapa? Karena nih Solo punya kuliner khas siang yang legendaris. Nah buat Sobat mlancong merencanakan liburan seru sekaligus menikmati kulinernya? Solo atau dikenal juga dengan nama Surakarta bisa menjadi destinasi yang tepat buat kamu kunjungi. Ya selain batik, kota asal Presiden Joko Widodo ini juga dikenal sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia.

Kota Solo merupakan wilayah otonom dengan status kota di bawah Provinsi Jawa Tengah. Kota ini juga merupakan kota terbesar ketiga di pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang berdasarkan jumlah penduduk.

Solo terkenal karena memiliki banyak destinasi wisata sejarah dan budaya. Selain itu destinasi wisatanya juga beragam, kota Solo juga memiliki daya tarik tersendiri di bidang kuliner. Kebanyakan kuliner yang ada di kota Solo adalah merupakan kuliner yang sudah bertahan selama puluhan tahun. Namun walaupun sudah diwariskan dari generasi ke generasi, para penerus tetap mempertahankan resep asli. Jadi soal rasa dijamin tetap asli dan otentik, tidak ada yang berubah. Nah berikut tempat kuliner khas di Solo yang legendaris :

1. Selat solo Mbak Lies

Berdiri sejak tahun 1985 oleh Wulandari Kusmadyaningrum (dikenal dengan nama panggilan mbak Lies). Warung ini merupakan salah satu tempat makan yang sangat terkenal. Tampilan makanan ini mirip dengan salad karena banyak diisi dengan sayuran, dan memang nama ‘Selat’ merupakan plesetan dari kata ‘Salad’.

Baca Juga  Tempat Nongkrong di Bekasi Live Musik

Warung Selat Solo Mbak Lies ini terletak di Jalan Veteran, gang II no. 42, Serengan, Solo. Buka mulai jam 8 pagi hingga 5 sore. Sesuai dengan namanya, Selat Solo ini terdiri dari daging sapi yang diberi kuah manis dan gurih, disajikan dengan kentang goreng dan sayuran rebus.


2. Timlo Sastro

Warung makan Timlo Sastro ini sudah buka sejak tahun 1952 lho, karena itu warung ini juga sudah terkenal banget di kota Solo. Kalau kamu ingin menikmati lezatnya Timlo Sastro, kamu bisa mengunjungi warung ini dari jam 06.30 hingga jam 15.30 WIB.

Timlo sastro yang juga dikenal dengan nama Timlo Sastro Balong ini berlokasi di salah satu sudut Pasar Gedhe Kota Solo. Seporsi timlo sastro komplit ini isinya terdiri dari potongan hati ampela, telur pindang dan sosis solo dengan kuah yang bening.

3. Sate kere Yu Rebi

Terdengar unik dan aneh, Sate kere terbuat dari tempe gambus dan jerohan sapi. Seperti sate pada umumnya, seporsi sate kere juga disajikan dengan sambal kacang dan potongan lontong. Warung Sate kere Yu Rebi ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1986, jadi soal rasa tidak perlu diragukan lagi.

Kalau kamu penasaran ingin mencoba kuliner legendaris ini, kamu bisa datang ke warung Sate Kere Yu Rebi yang terletak di belakang Stadion Sriwedari Solo. Warung ini buka mulai jam 10.00 WIB hingga 21.00 WIB..

4. Serabi Notosuman

Serabi Solo merupakan salah satu kuliner yang sudah melegenda banget. Serabi ini sudah ada sejak tahun 1923 di Jl Mohammad Yamin No 28, Solo. Namun saat ini Serabi Notosuman sudah memiliki banyak cabang yang tersebar dimana-mana.

Baca Juga  Obat Batuk Berdahak Tradisional Untuk Dewasa

5. Tengkleng klewer Bu Edi

Tengkleng Klewer Bu Edi berdiri sejak tahun 1971 ini, kamu bisa datang ke pasar Klewer. Buka setiap hari mulai jam 1 siang dan biasanya sudah habis hanya dalam waktu 2 hingga 3 jam saja. Tengkleng merupakan hidangan khas Solo yang mirip dengan gulai dan berisi daging kambing.

6. Soto Gading

Soto ayam yang paling terkenal di kota Solo adalah soto gading, berdiri sejak tahun 1974. Warung soto ini terletak di Jalan Brigjen Sudiarto No 75. Warung soto ini buka mulai jam 05.30 WIB hingga jam 15.30 WIB. Untuk harga, seporsi soto di warung ini dihargai mulai dari 10 ribu rupiah. Soto gading mempunyai kuah agak kental gurih dengan warna bening.



7. Gudeg ceker Bu Kasno

Gudeg ceker ini sudah ada sejak tahun 1970-an di Jl. Monginsidi, Margoyudan, Solo. Uniknya gudeg ini hanya bisa kamu beli mulai jam 1 pagi, namun sudah sejak jam 12 malam biasanya banyak orang yang menunggu di lokasi tempat Bu Kasno berjualan.

Harganya pun tidak mahal, hanya sekitar 10 ribu hingga 15 ribu rupiah seporsi. Saat ini gudeg Bu Kasno ini sudah memiliki tiga cabang di Solo. Seporsi gudeg terdiri dari nasi gurih, gudeg, ceker ayam kampung, sambal krecek, bersama kuah kaldu dan santannya.

8. Nasi liwet wongso lemu

Nasi liwet wongso lemu ini memang sudah berdiri sejak tahun 1950. Dan sekarang warung nasi liwet ini dikelola oleh cucu dari Bu Wongso Lemu, yakni mbak Ati Tri Wulandari. Nasi Liwet Wongso Lemu ini buka mulai jam 4 sore hingga jam 10 malam.

Baca Juga  Kuliner Malam Jogja Dekat Malioboro

Rasa gurih dari nasi yang dimasak dengan santan ditambahkan dengan dengan sayur labu, ayam dan telur, memiliki cita rasa yang khas. Kelezatannya memang tidak perlu diragukan lagi karena warung nasi liwet ini mampu bertahan hingga lebih dari setengah abad.

Nah, aneka kuliner kota Solo legendaris diatas sangat menggoda banget kan? Yang mana nih yang sudah pernah kamu cicipi?