Kuliner Tradisional Khas Aceh yang Wajib Kamu Cicipi

Diposting pada

PLANCONG.COM – Berbicara tentang Provinsi Aceh tentu bagi ada 1 hal yang sangat melekat di ingatan yaitu tsunami pada tahun 2004 yang tentu memporak-porandakan wilayah serta membuat rakyat menderita. Sehingga mereka sekarang terus berusaha bangkit melangkah maju. Well, mudah-mudahan Aceh yang sekarang bisa lebih baik dalam segala bidangnya. Barangkali ada yang belum tahu jika daerah yang terkenal dengan sebutan serambi mekah ternyata memiliki banyak sekali keindahan alam yang mengagumkan. Tidak hanya pantainya dan pulau-pulau yang indah, ternyata kota serambi mekah ini memiliki banyak makanan atau kuliner asli dari Aceh.

1. Mie Aceh, Makanan Khas Aceh

Tak hanya di Aceh, bahkan yang namanya mie ini hampir di seluruh kota ada. Salah satu mie yang rasanya sangat enak dan wajib banget sobat mlancong cicipi ketika berada di Aceh adalah Mie Aceh. Untuk masalah rasa pedas atau tidak itu sesuai dengan selera kita masing-masing. Agar tidak bosan , mie aceh dapat di sajikan dengan beberapa variasi lauk mulai dari sejenis seafood atau daging.

2. Kuah Pliek U

Kuah Pilek U merupakan makan khas Aceh yang melambangkan keeratan dan keberagaman, dalam masyarakat Aceh yang tertuang dalam satu kuali, sehingga memunculkan suatu rasa yang tersendiri. Kuah Pilek U merupakan cara penyaluran hasil bumi dari daerah Aceh.

3. Kuah Masem Keu-eung

Masakan Masam Keu-ueng tidak hanya bisa sobat mlancong dapatkan di Aceh saja, tapi hampir seluruh penjuru Indonesia juga ada dengan nama yang tidak sama.

4. Kuah Sie Itek

Kuah Siw Itek merupakan olahan dari itik atau bebek, tapi cara mengolahnya dengan cara yang berbeda dan resep yang diwariskan turun-temurun dari para pendahulu atau leluhur masyarakat Aceh. Bahkan hingga sekarang banyak restoran yang menyajikan makanan satu ini.

Baca Juga  Pantai Lhoknga : Surganya Para Surfing di Banda Aceh

5. Ayam Tangkap


Lucu ya namanya? 🙂 Ayam Tangkap Merupakan olahan daging ayam yang di cincang kecil-kecil yang ditumpuk dengan daun teumuru dan cabai hijau serta ditaburu bawang goreng. Ketika Anda makan kuliner yang satu ini sobat bisa harus mencari ayam yang terselimuti oleh daun teumuru.

6. Rujak Aceh

Rujak Aceh merupakan makanan khas dengan cita rasa yang berbeda dari rujak yang lain. Rujak Aceh berisikan buah rumbia Aceh yang disiram dengan saus rujak, Rujak Aceh sangat lezat bila dinikmati dalam keadaan dingin ditambah lagi dengan es serut, sangat cocok di makan saat cuaca panas.

7 Ungkot Kemamah

Ungkot Kemamah adalah masakan khas Aceh dengan cita rasa yang menantang. Bahan bakunya adalah ikan tuna yang dikeringkan dan kemudian dicincang. Ikan kemamah ini bisa dimasak dengan bahan rumahan seperti santan kelapa, cabai hijau, kantang dan bahan masakan yang lainya.

8. Kue Adee atau Bingkang

Kue Adee atau Bngkang adalah kue tradisional yang bisa sobat temui hanya di Aceh, kawasan kabupaten Pidie Jaya. Tektur lembut, lengi dan manis, hidangan ini sangat cocok bila disajikan untuk tamu maupun dalam kumpul keluarga bersama. Penasaran kan rasanya?

9. Kue Timphan

Kue Timphan berbahan dasar tepung ketan, bercampur dengan srikaya dan pisang beranang. Dalam masyarakat Aceh sendiri, Kue Timphan merupakan hidangan wajib ada untuk tamu yang berkunjung kerumah ketika hari raya lebaran, baik itu idul fitri maupun hari raya idhul adha.

10. Manisan Pala

Pala merupakan komoditi terbesr di Aceh Selatan. Manisan Pala seperti namanya manisan ini terbuat buah pala. Ada banyak sekali masyarakat Aceh yang memproduksi Manisan Pala. Bahkan

Baca Juga  Pantai Lhoknga : Surganya Para Surfing di Banda Aceh

11. Lepat

Masyarakat Indonesia pasti tau makanan yang di bungkus dengan daun pisang lalu dikukus ini adalah Lepat. Lepat berisi kelapa parut pada bagian tengahnya. Banyak disajikan pada hari besar dan dapat bertahan sampai dua minggu lamanya.

12. Jadah Lemang

Makanan khas Aceh ini bercita rasa gurih, terbuat dari beras ketan bercampur denga kelapa berbumbu garam. Cocok bila dinikmati dengan rendang menjadi sajian wajib ketika hari raya idul adha.

13. Kue Bhoi

Kue Bhoi merupakan kue yang dapat di jadikan bingkisan bagi pengantin pria pada waktu pelaksanaan upacara pernikahan. Bila tidak inin menunggu Kue bhoi bisa Anda temukan di pasar-pasar tradisional. Kue Bhoi khas Aceh memiliki bentuk yang sangat unik, mulai dari bentuk ikan, binatang, dan berbentuk bunga. Sebagai makanan tradisioanal, Kue Bhoi bisa Anda beli dengan harga 5000 sampai 10000 rupiah per kemasan.

14. Bohromrom

Bohromrom memiliki nama lain yaitu kue boh duek beudeh dalam bahasa Aceh. Jajanan ini sangat cocok untuk sobat mlancong yang bingung mencari oleh-oleh dari Aceh, kue ini adalah salah satu oleh-oleh yang cocok untuk keluarga dan kerabat.

Dalam pembuatan Bohromrom berbahan tepung ketan dan parutan kelapa sekilas mirip dengan kue klepon yang ada di Jawa, yang membedakan dari segi warna. Dalam kue Bahrom ada gula merah yang leleh ketika sobat mencicipi kue ini.



15. Meuseukat

Meuseukat juga bisa disebut dengan dodol nanas khas Aceh. Bercampurkan nanas menjadikan rasa yang unik bagi dodol ini. Meuseukat sangat jarang dipasar tradisional bahkan bila mau sobat harus memesan terlebih dahulu sebagai oleh-oleh setelah berkunjung ke Aceh.

Baca Juga  Pantai Lhoknga : Surganya Para Surfing di Banda Aceh

16. Pacri Nanas

Pacri Nanas sudah pasti berbahan dasar dari nanas dengan bumbu seperti merica, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, cengkeh, cabai merah, serta bawang.

17. Nasi Gurih, Masakan Khas Aceh

Nasi Gurih pasti bercita rasa gurih, karena dimasak dengan santan kelapa dan bumbu-bumbu khas Aceh sebagai rahasianya. Jika boleh menyarankan bila makan Nasi Gurih, akan lebih nikmat bila bersama dengan lauk pauk seperti telur dadar, ikan balado, urap-urap dan jangan sampai ketinggalan dengan sambal.

18. Bubur Kanji Rumbi

Ada makanan khas Aceh yang cocok sekali dalam bulan ramadhan yaitu Bubur Kanji Rumbi. Berbahankan dari beras yang ditumbuk kasar dan direbus, dilengkapi dengan bumbu-bumbu rahasia masyarakat Aceh, menjadikan Bubur Kanji Rumbi sebagai top list bulan ramadhan.

19. Roti Canai Aceh

Roti Canai Aceh yang berbahan tepung terigu berbentuk bulat dan dimasak dengan mentega. Roti Canai Aceh sudah sangat terkenal, di tambah dengan varian rasa yang berbeda, yang dihidangkan dengan empuk, biasanya memakanya bersama kuah kari kambing.