5 Tips Liburan Hemat ke Lombok

Diposting pada

PLANCONG.COM5 Tips Liburan Hemat ke Lombok. Pulau Lombok — dilihat dari sisi mana pun — selalu tampak menawan. Laut biru, pantai berpasir putih, eloknya Gunung Rinjani, dan air terjun yang segar, menjadi pesona tersendiri di Lombok.

Liburan Hemat ke Lombok
Pantai Pink di Lombok, image by blog.airyrooms.com

Nah, bagi Anda yang ingin mengeksplorasi alam Lombok atau liburan hemat di pulau ini, simak tips-tips berikut.

1. Beli Tiket Pesawat Murah

Tiket pesawat murah lebih mudah didapatkan saat low season. Hal itu karena sedikit orang yang pergi berlibur di waktu tersebut. Sebaliknya, jika Anda pergi di momen high season, carilah tiket keberangkatan di tengah malam sampai dini hari. Biasanya, banyak situs penyedia tiket membuka promo berupa diskon dan kupon.


2. Pesan Hotel Lewat OTA

Tips kedua; carilah kamar hotel murah di Lombok sebelum memutuskan untuk liburan ke sana. Jika Anda pesan langsung, belum tentu mendapatkan kamar hotel dengan biaya terjangkau. Jadi, sebaiknya booking lewat OTA (Online Travel Agent).

Selain memperoleh biaya murah, pesan hotel lewat OTA lebih cepat dan praktis. Hanya berbekal perangkat yang terhubung internet, Anda bisa mencari daftar penginapan di kota tujuan. Bahkan, pemesanan dapat dilakukan kapan saja dari berbagai tempat.

Memesan hotel lewat OTA juga bermanfaat untuk Anda yang merencanakan liburan jauh hari. Pasalnya, Anda tidak perlu repot mencari hotel ketika tiba di Lombok pertama kali.

3. Sewa Kendaraan Selama di Lombok

Sebagai pulau wisata, Lombok dibekali moda transportasi umum yang memadai. Mulai dari angkutan umum, cidomo (sejenis dokar), sampai golf car. Namun, transportasi tersebut kurang efektif jika Anda menjangkau tempat wisata di pelosok Lombok.

Baca Juga  Perlengkapan Wajib Saat Naik Gunung

Solusinya, Anda harus menyewa kendaraan di tempat rental. Jika membawa rombongan, menggunakan rental mobil lebih efektif. Sebaliknya, bagi yang pergi sendirian atau hanya dengan satu orang teman, sewa motor saja. Biaya sewa motor biasanya dihitung harian, minimal Rp 75.000 per hari.

4. Mulai dengan Menjelajahi Tempat Wisata yang Berdekatan

Untuk mengetahui tempat wisata mana saja yang lokasinya berdekatan, Anda harus browsing lewat internet. Pastikan, pencarian ini dilakukan sebelum keberangkatan menuju Lombok.

Setelah menemukan data destinasi terdekat, buatlah panduan perjalanan. Tentukan lama kunjungan, jam keberangkatan menuju tempat wisata, serta kegiatan yang ingin dilakukan di sana. Jangan lupa, siapkan bujet untuk masuk ke objek wisata.

Namun, hati-hati, biasanya di setiap tempat wisata terdapat calo. Jika Anda tidak ingin kantong jebol, lebih baik hindari calo. Lakukan semuanya sendiri; mulai dari memesan tiket masuk sampai transportasi di tempat wisata. Kalau ada kesulitan, sebaiknya tanyakan kepada petugas atau pengelola area rekreasi.



5. Cari Tempat Makan Murah

Pernahkah Anda kehabisan dana meski sudah pesan tiket pesawat dan hotel murah? Coba introspeksi, barangkali ada yang salah dengan manajemen pengeluaran selama di lokasi wisata. Misalnya, pengeluaran untuk bersantap. Jika tak pandai memilih tempat makan, Anda bisa terjebak di restoran mahal.

Sebagai solusi, carilah pusat kuliner kaki lima atau tradisional di Lombok. Semisal, kuliner di Pasar Tanjung, Lombok Utara. Kawasan ini menawarkan aneka makanan khas Lombok; mulai pagi hingga malam hari.

Jika ingin bersantap di tempat sekelas restoran, Anda bisa menuju Rumah Makan Inaq Esun. Lokasinya berada di Plaza Senggigi Lombok Barat dan Jalan Sriwijaya, Kota Mataram. Menu utama yang menjadi andalan restoran ini adalah nasi balap dengan topping ayam suwir kriuk.

Itulah tips liburan hemat ke Lombok yang mudah diterapkan. Persiapkan liburan Anda secara matang dengan booking hotel lebih awal. Untuk mendapatkan hotel di Lombok, Anda bisa gunakan online travel agent seperti Airy. Aplikasi ini menyediakan akomodasi murah dan lengkap dengan tujuh fasilitas utama.

Baca Juga  5 Tempat Wisata di Kaliurang yang Menyenangkan bersama Keluarga