Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

Diposting pada

PLANCONG.COM – Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu nama Provinsi di Indonesia yang terletak di bagian barat Indonesia, sebagian besar Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah kepulauan Lombok. Salah satu destinasi wisata favorit, daerah Nusa Tenggara Barat, khususnya Pulau Lombok, sudah terkenal tidak hanya di kalangan pelancong tanah air, namun hingga mancanegara. Di Nusa Tenggara Barat selain terkenal dengan tempat wisatanya, juga makanan khas nusa tenggara barat juga terdapat beberapa suku di sana, diantara sukunya itu di huni oleh suku Sasak, Suku Bima, dan Suku Sumbawa. Suku-suku ini adalah suku terbesar di Pulau Sumbawa.

Nah buat sobat mlancong yang belum pernah berkunjung ke NTB, kali ini saya akan kasih info nih tentang makanan khas NTB. Ternyata makanan khas Nusa Tenggara Barat sangat banyak dan enak, sebut saja nasi terara dan ayam taliwang dari sinilah asalnya.

Buat sobat mlancong nih yang sedang, atau ingin berkunjung kesana ada reverensi makanan khas NTB biar saat kamu berada disana bisa merasakan makanan khas yang enak dan tidak menyesal nantinya ketika pulang lagi kerumah. Berikut adalah makanan khas NTB yang bisa sobat jadikan referensi makan.

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang merupakan makanan khas NTB yang satu ini sangat popular di Nusa Tenggara Barat khususnya di Pulau Lombok. Ayam taliwang kini dapat kamu temukan hampir diseluruh kota/kabupaten di Nusa Tenggara Barat. Ayam Taliwang berbahan dasar ayam yang direbus terlebih dahulu sebelum di masak dan di bakar. Saat pembakaran ayam taliwang di oleskan dengan berbagai bumbu rempah-rempah asli Indonesia.

Sate Bulayak


Dinamakan sate bulayak karena pada penyajiannya sate sapi ini di beri juga lontong yang nama lainnya adalah bulayak. Salah satu bumbu remah-rempahnya adalah kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus berbarengan dengan santan. Makanan Nusa Tenggara Barat yang berikutnya adalah sate bulayak, makanan ini memang tidak sepopuler ayam taliwang, tapi jangan pernah meremehkan akan rasa yang hadir pada makanan khas Nusa Tenggara Barat yang satu ini.

Baca Juga  5 Tips Liburan Hemat ke Lombok

Dibuat dengan daging yang jarang di dual di Jawa yaitu kambing dan ayam, melainkan menggunakan daging sapi sebagai bahan utama pembuatannya. Bumbu yang digunakan juga adalah bumbu turun temurun dan sudah menjadi bumbu khas Lombok.

Nasi Kotaraja 

Salah satu bagian terbesar pada Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah kepulauan Lombok disana terdapat banyak sekali makanan yang tentunya enak dan lezat-lezat. Tapi jika dilihat dari segi tampilan memang biasa saja dan sangat sederhana. Nasi kuta raja ini memiliki ciri khas pada lauknya yang menggunakan “jangan rarit dan sambal sabie”. Jangan rarit sendiri adalah daging sapi yang digoreng dengan bumbu racikan rahasia.

Plecing Kangkung 

Plancing kangkung adalah makanan yang penyajiannya beda dengan masakan khas NTB lainnya, biasanya makanan disajikan saat masih hangat, tapi lain halnya dengan plancing kangkung yang disajikan saat kangkung sudah dingin dengan sambal tomat yang segar dan manis. Plecing kangkung termasuk makanan khas NTB yang popular dan menjadi makanan favorit di siang hari.

Kelaq Kelor 

Pernah dengar kelaq kelor? Jika belum Kelaq kelor adalah nama makanan khas NTB yang berjenis sayur-sayuran. Sayur kelaq kelor biasanya disayur dengan menggunakan kuah yang bening. Daun kelaq kelor biasanya digunakan untuk memandikan mayat, tapi lain halnya dengan masyarakat Lombok yang biasa mengolah daun kelaq kelor menjadi sebuah makana yang bergizi. Kamu dapat menemukan sayur kelaq kelor di Lombok dengan nasi putih sebagai menu utamanya.

Jaje Tunjak Lapis Poteng

Jeje tunjak lapis poeteng memiliki daya tarik dan rasa yang khas tersendiri. Biasanya kuliner khas NTB ini dimakan untuk cemilan saja.

Baca Juga  5 Tips Liburan Hemat ke Lombok

Kuliner jaje tunjak lapis poeteng terbuat dari ketan yang bercampur dengan parutan kelapa lalu dikukus dan ditambahkan sedikit garam. Poeng sendiri adalah tape ketan yang pada proses pembuatannya digabungkan dengan perasan daun seger.

Sate Pusut

Sebenarnya sate pusut sama seperti sate-sate pada umumya, yang membaut beda adalah dimana daging yang ditusuk-tusuk dan di bakar menggunakan bumbu rempah-rempah. Sate pesut adalah sate yang potongan dagingnya berkisar lebih besar dari pada umumnya yaitu sekitar 3 cm.




daging-sate-pusut
daging-sate-pusut

Biasanya disajikan dengan tomat dan lalapan sawi yang pastinya akan menambah hawa nafsu kamu untuk mencicipinya. Gimana kamu tertarik untuk mencoba makanan khas Nusa Tenggara Barat yang satu ini.

Cerorot

Kue Cerorot adalah salah satu jajanan tradisional khas yang populer di NTB. Cerorot merupakan kue khas adat Sasak yang terbuat dari tepung beras, Santan Kelapa, dan gula merah. Kue Cerorot dibalut dengan janur atau daun kelapa muda yang dililit membuat bentuk menyerupai terompet.

Cerorot

Jadi? Tertarik untuk mencoba makanan khas Nusa Tenggara Barat ini, jika  sedang berlibur atau berkunjun ke Provinsi NTB jangan lupa untuk mencoba makanan ini ya!