Pesona Ombak & Birunya Laut Pantai Mrutu Malang

Diposting pada

PLANCONG.COM – Pantai Mrutu merupakan pantai yang terletak di desa Sumberoto, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang. Penamaan ‘Mrutu’ digunakan lantaran terdapat kawasan pantai ini dihuni oleh banyak hewan mrutu. Disebut orang Jawa dengan istilah lemut, mrutu adalah hewan kecil sejenis nyamuk. Sesuai dengan namanya yang cukup singkat dan pendek, ternyata lokasi pesisir di Pantai ini juga dapat dibilang tak terlalu luas.

Pantai Mrutu merupakan salah satu rekomendasi bagi sobat mlancong yang menginginkan ketenangan juga bisa menikmati keindahan birunya laut serta pesona ombaknya, yang aduhai punya. Keindahan serta panorama yang ada di Pantai Mrutu takkan kalah menarik dari pantai lain yang ada di kota Malang ini. Ada salah satu kelebihan pada Pantai Mrutu yang bisa dikatakan tidak terdapat pada pantai yang lain yakni Pantai Mrutu memiliki ombak yang tenang. Ombak-ombak yang datang di lautan yang sangat luas menuju bibir Pantai terlihat seperti berjalan pelan-pelan dengan halus. Tidak hanya itu saja, ombak dan gelombang yang datang seakan tak mau menimbulkan suara yang berisik. Hal ini disebabkan oleh posisi Pantai Mrutu yang sedikit terhalang tebing menyebabkan ombak yang besar tidak bisa langsung ke bibir pantai. Pantai ini secara kompleks, memiliki pemandangan yang luar biasa indah.


pantai-mrutu-malang
Sumber : seputarmalang.com

Meskipun gelombang ombak Pantai ini berarus halus, tapi itulah yang menjadi daya tarik Pantai ini. Apalagi Pantai ini mempunyai pasir putih yang sangat bersih dan halus, sangat cocok untuk bermain pasir. Ditambah lagi pepohonan yang ada di Pantai ini sangat tinggi dan banyak, sehingga bisa menjadikannya sebagai tempat berteduh yang sangat nyaman. Pohon-pohon yang indah dalam kawasan Pantai ini menjulang cukup tinggi.

Baca Juga  Pantai Pasir Putih Jogja Dekat dari Malioboro

Ombak Tenang dan Semilir Angin

Pantai Mrutu memiliki area yang tak terlalu luas. Panjang pantai tak lebih dari 200 meter. Meski begitu, pesona pantai Mrutu tak kalah dari pantai lainnya. Keunikannya terletak pada ombaknya yang tenang. Suara gemuruh ombaknya pun sangat halus lantaran gulungan ombak pantai Mrutu berjalan pelan.

Tak hanya ombak yang tenang, pantai Mrutu juga memiliki hamparan pasir putih yang halus. Pinggir pantai yang dikelilingi pohon yang menjulang membuat suasana pantai tampak teduh. Sangat pas untuk menikmati hari libur bersama keluarga, kerabat atau kawan-kawan.

Harga Tarif Masuk Pantai Mrutu



Untuk biaya masuk Pantai Mrutu sebesar Rp.5.000 dan biaya parkir Rp.5.000. Kunjungi pula lokasi wisata terdekat seperti Pantai Modangan, Pantai Kondang Iwak, Pantai Kondang Bandung, Pantai Tambak Asri, Pantai Tamban, dan Pantai Jonggring Saloko.

Akses Menuju ke Pantai Mrutu

Untuk dapat menuju Pantai Mrutu tidaklah terlalu sulit. Dari pusat kota Malang, sobat mlancong bisa mengambil rute ke Kepanjen. Dari Kepanjen menuju ke arah Bendungan di Sengguruh, setelah sampai dan melewati pertigaan yang ada di Pagak, terus ambil arah ke Kecamatan Donomulyo. Saat pertigaan setelah di pasar Donomulyo, sobat mlancong bisa ambil arah ke kanan atau dapat menuju ke arah Wates. Kini rutenya sudah beraspal serta mulus di sepanjang jalan kira-kira 1 km. Kira-kira 2 km sebelum masuk ke Desa Sumberoto, rute aspalnya mulai rusak. Dan tidak jauh dari pintu masuk ke Desa Sumberoto akan ada sebuah pertigaan di Pasar Ngelih.

Di area pantai ini masih minim fasilitas dan warung-warung tidak terlalu banyak. Jika sobat mlancong membutuhkan sesuatu sebaiknya bisa mempersiapkan dari rumah, misal membawa makanan atau perlengkapan lainnya yang jarang di temui dalam pantai ini.

Baca Juga  5 Tips Liburan Hemat ke Lombok