Resep Rawon Ayam Yang Lezat Dan Harus Kalian Coba!

Diposting pada

PLANCONG.COM – Bisa dipastikan bahwa sebagian besar masyarakat kita sudah tidak asing lagi dengan sebuah hidangan lezat yang bernama rawon? Ya, terang saja demikian, sebab rawon ini adalah satu satu kuliner khas nusantara yang paling populer di Indonesia. Hidangan rawon itu sendiri berasal dari daerah Jawa Timur, yang memang terkenal dengan citarasanya yang lezat. Selain itu, hidangan rawon juga terkenal dengan warna kuahnya yang berwarna hitam pekat. Warna kuah rawon yang hitam pekat tersebut berasal dari buah kluwek yang direndam, selanjutnya direbus bersama kuah. Pada umumnya, hidangan rawon ini berbahan dasar daging sapi. Namun, kita juga bisa menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya lho.

Sumber gambar : unsplash

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai resep rawon ayam beserta cara membuatnya, mari kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini.


1. Rawon Ayam Manisa Muda

Bahan-bahan Utama :
– 1 kg daging ayam (rebus sampai empuk)
– 2 buah manisa muda ukuran sedang (potong kotak / sesuai selera)

Bahan-bahan Bumbu Halus :
– 5 butir bawang merah
– 3 butri bawang putih
– 3 buah kluwek
– 4 buah kemiri
– jinten dan ketumbar secukupnya
– 2 batang serai (geprek)
– 4 lembar daun jeruk
– 3 batang daun bawang (iris)
– garam, lada, penyedap rasa secukupnya.
– air dan minyak goreng untuk menumis secukupnya.
– air kaldu secukupnya (air rebusan daging sapi)

Cara Membuat :
* Pertama-tama rebus daging ayamnya sampai empuk, angkat, dan tiriskan.
* Kemudian cuci manisa muda hingga bersih, lalu potong-potong kotak atau sesuai selera.
* Siapkan ulekan lalu tumbuk bahan bumbu halusnya (kecuali daun jeruk, serai, dan daun bawang). Setelah itu panaskan wajan dengan api yang sedang, tumis bumbu halusnya sampai tercium bau harum. Lalu tambahkan serei dan daun jeruk, lalu tumis kembali selama 1 -2 menitan.
* Berikutnya siapkan panci yang berisi air mendidih, kemudian masukkan bahan bumbu halus kedalamnya. Lalu tambahkan lada, garam, dan penyedap rasa secukupnya sambil diaduk-aduk sebentar.
* Sajikan rawon kedalam mangkuk selagi masih hangat, dan jangan lupa juga untuk menaburkan irisan bawang daun dan bawang goreng agar citarasanya lebih matap!

Baca Juga  Cafe di Jogja Yang Instagramable dan Asik Buat Nongkrong

2. Rawon Daging Ayam Khas Surabaya

Bahan-bahan :
– 1 kg daging ayam
– 3 lembar daun jeruk
– 2 buah daun bawang (potong kecil-kecil)
– ½ perasan jeruk nipis
– 5 siung bawang putih
– 7 siung bawang merah
– 3 buah kemiri
– ½ sdm ketumbar
– 1 ruas lengkuas
– 3 buah kluwek (rendam daam air hangat)
– merica bubuk secukupnya



Cara Membuat :
* Cuci daging ayam sampai bersih, dan rebus sampai benar-benar empuk. Masukkan juga jahe dan perasan jeruk nipis kedalamnya.
* Siapkan bahan bumbunya seperti bawang merah, bawang putih, merica bubuk, kemiri, ketumbar, lengkuas, kluwek, lalu haluskan. Tumis bahan bumbu halusnya hingga harum, lalu tambahkan sereh dan daun jeruk.
* Masukkan bahan bumbu halus tersebut kedalam rebusan daging sapi, kemudian tambahkan daun bawang, penyedap rasa, garam, dan aduk-aduk sebentar.
* Selesai, rawon daging ayam khas Surabaya pun sudah siap untuk disantap selagi masih hangat.
Itulah resep rawon ayam yang lezat dan gampang dibuat. Dengan begitu, kamu pun tidak perlu lagi membeli rawon ke luar rumah.