Tebing Breksi Jogja, Lihat Spot Photo Berikut Sebelum Kesana

Diposting pada

PLANCONG.COM – Tebing Breksi Jogja, Lihat Spot Photo Berikut Sebelum Kesana. JAS MERAH, Jangan sekali-kali melupakan sejarah! Itulah kutipan dari Bung Proklamator, Ir Soekarno. Apa ada kaitannya dengan Tebing Breksi? Tentu ada, yaitu sejarah terbentuknya Tebing Breksi.

Sejarah Tebing Breksi

Sebelum menjadi tempat wisata, lokasi Taman Tebing Breksi sebelumnya adalah tempat penambangan batuan alam. Kegiatan penambangan ini dilakukan oleh masyarakat sekitar. Di sekitar lokasi penambangan terdapat tempat-tempat pemotongan batuan hasil penambangan untuk dijadikan bahan dekorasi bangunan.

Sejak tahun 2014, kegiatan penambangan di tempat ini ditutup oleh pemerintah. Penutupan ini berdasarkan hasil kajian yang menyatakan bahwa batuan yang ada di lokasi penambangan ini merupakan batuan yang berasal dari aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran. Kemudian lokasi penambangan ditetapkan sebagai tempat yang dilindungi dan tidak diperkenankan untuk kegiatan penambangan.

batuan breksi jogja
batuan tebing breksi, image by lelungan.net

Setelah penutupan aktivitas tambang tersebut, masyarakat mendekorasi lokasi bekas pertambangan ini menjadi tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Tepatnya pada bulan Mei 2015, Tebing Breksi ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai tempat wisata baru di Jogja.

Sejak saat itu Tebing Breksi telah menjelma menjadi destinasi wisata jogja terhits dan telah dilengkapi berbagai sarana prasarana pendukung seperti dibangunnya Tlatar Seneng yaitu sebuah amphitheater atau panggung terbuka yang difungsikan untuk panggung pertunjukan seni ataupun dapat digunakan jika ada acara-acara khusus dengan tempat duduk setengah melingkari panggung yang menambah keindahan pemandangan Tebing Breksi.

tebing breksi jogja ukiran wayang
ukiran wayang di tebing breksi jogja, image by @fifid.lutfiana.3

Tebing Breksi ini sangat digemari wisatawan, khususnya bagi wisatawan yang menyukai hobi fotografi, tidak dapat dipungkiri destinasi wisata ini menawarkan pemandangan mengagumkan dengan tersajinya tebing batu kapur tinggi menjulang, terlebih saat ini beberapa sudut tebing tersebut telah ditambahkan ukiran atau pahatan dengan gambar wayang yang menambah keindahan, tidak heran jika beberapa orang memilih untuk melakukan foto pre-wedding di Tebing Breksi ini.

Baca Juga  Mau Makan Bakso Enak di Jogja? Berikut Rekomendasinya
tebing breksi prewedding
prewedding di tebing breksi, image by @adieemoelatno

Jika kamu akan berkunjung di siang hari, jangan lupa untuk membawa penutup kepala semacam payung atau topi untuk melindungimu dari teriknya sinar matahari.

 

tebing breksi jogja siang hari
tebing breksi jogja siang hari, image by @primaajitama89

 

naga tebing breksi
naga tebing breksi, image by @grahan_

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

Untuk bisa menikmati suasana diatas tebing breksi tidak dikenakan tarif tiket masuk alias gratis tetapi untuk parkir kendaraan roda dua bayar Rp 2.000 dan untuk mobil Rp 5.000