Wisata Edukatif Berkuda Untuk Anak di Jogja

Diposting pada

PLANCONG.COMWisata Edukatif Berkuda Untuk Anak di Jogja. Sobat mlancong, bosan nggak sih dengan suasana dan tempat wisata yang itu-itu aja? Kalau bosan, mending wisata edukatif yang bisa buat anak juga, misalnya berkuda! Kalau kamu pikir wisata berkuda itu mahal, salah besar, deh! Jogja punya beberapa pilihan tempat wisata berkuda yang kamu bisa datangi dengan tarif tiket masuk murah meriah.

Wisata-Edukatif-Berkuda-Untuk-Anak-di-Jogja
Image by pixabay

Selain murmer, wisata kuda diklaim bisa menyehatkan tubuh kamu, lho. Nah, makin penasaran kan mau berkuda di mana akhir pekan nanti. Anyway, berikut rekomendasi wisata berkuda di sekitar Jogja yang bisa sobat kunjungi, deh. Simak ya!


1. Alun-Alun Utara

Tempat ini berada di ujung jalan legendaris Malioboro, Alun-Alun Utara merupakan tempat yang sangat strategis. Bagi mereka yang sudah sering berkunjung ke Jogja pasti akan melihat lokasi ini saat menuju Kraton Yogya. Mulai dari kuda mini yang bisa ditunggangi oleh anak-anak, hingga kuda dengan ukuran yang lebih besar untuk orang dewasa. Wahana berkuda di daerah Alun-Alun utara ini biasa tersedia sejak pagi hari hingga sore hari. Hari kamis kuda libur ya, catet!

Di Alun-Alun Utara inilah wisata berkuda sejak dulu sudah eksis. Sejumlah kuda disiapkan untuk bisa disewa wisatawan berkeliling kawasan Keraton maupun sekitarnya. Wisatawan bisa memilih kuda yang diinginkan.

2. Johnsto

Berlokasi di kawasan Mlasti, Yogyakarta, Jogja Horse and Resto adalah pilihan destinasi wisata keluarga yang mengasyikkan. Koleksi kuda dan aktivitas berkuda menjadi daya tarik utama ditempat ini tentunya. Tak heran dong kalau Johnsto selalu ramai dikunjungi, baik saat hari kerja maupun weekend.

Tarif berkuda di Johnsto cukup murah, hanya dengan 35K sobat mlancong bisa menaiki kuda. Tersedia kuda besar dan kuda kecil disana, jadi kalian bisa memilih sesuaikan dengan berat badan kalian.Selain berkuda kalian juga bisa memanah hanya dengan membayar 10K.

Baca Juga  Cari Info Sewa Kost Murah di Jakarta, Yuk Cek Situs Berikut!

3. Bale Kuda Sable

Tempat keempat untuk wisata kuda berada di daerah Sleman. Namanya Bale Kuda Stable. Lokasi tepatnya berada di Jalan Cebongan 15, Tirtoadi, Mlati, Sleman. Bale Kuda Stable menawarkan enam paket untuk perjalanan menunggangi kuda. Enam paket tersebut dijual seharga Rp 20 ribu hingga Rp 250 ribu, sesuai dengan panjang rute menunggang kuda.

Misalnya menungang kuda dua kali putaran di paddock seharga Rp 20 ribu. Jika ditambah perjalanan menyusuri sungai dihargai Rp 75 ribu.

Tempat ini buka setiap hari. Wisatawan bisa menikmati wisata berkuda dengan beragam paket. Bale Kuda Stable juga menyediakan field trip yang biasanya diikuti oleh anak-anak. Di sini, mereka diajari cara merawat kuda, mengenal perlengkapan kuda, dan menunggang kuda.

4. Pikatan Stable



Lokasi wisata berkuda yang bisa dikunjungi berikutnya berada di daerah Bantul. Berada di dekat Stadion Sultan Agung. Tempat ini juga merupakan arena balap atau pacuan kuda. Pikatan Stable bisa dikatakan merupakan salah satu tempat berkuda yang tergolong lama di Jogja.

Beberapa fasilitas yang ada di lokasi ini pun sesungguhnya merupakan fasilitas untuk pacuan kuda. Selain berfungsi sebagai tempat di mana kuda dilatih oleh para pelatihnya juga menjadi tempat ajang pacuan kuda. Hanya saja pacuan kuda ini hanya sesekali digelar.

5. Rumah Berkuda

Rumah Berkuda Jogja merupakan sebuah tempat sekolah berkuda yang ada di Yogyakarta yang cukup menarik untuk dikunjungi. Di tempat ini wisatawan bisa berlatih dan mengenal tentang olah raga berkuda. Lokasi wisata berkuda yang ketiga ini juga masih berada di wilayah Bantul. Tepatnya berada di Jalan Monumen Perjuangan TNI AU, Ngotho, Bantul. Sekitar 1 km dari Terminal Giwangan ke arah selatan. Berdampingan dengan Warung Koboi Cengeng: Jangan Kampungan.

Baca Juga  Harga Tiket Masuk Mini Zoo Exotarium Jogja

Tempat berkuda yang satu ini tidak terlalu besar, tapi cukup luas untuk dapat memungkinkan kita belajar berkuda. Berada di “tengah sawah.” Sehingga saat belajar berkuda, jika udara cerah, bisa melihat pemandangan sawah menghijau dengan latar belakang Gunung Merapi.

Nah itulah beberapa tempat berkuda di Jogja yang bisa sobat kunjungi. Jadi, Jogja bukan hanya Malioboro, Keraton dan Candi saja. Mengunjungi dan menikmati sensasi dan pesona berkuda di Jogja memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan.