Yang Khas dari Surabaya, Yuk Cobain Kuliner Sate Klopo

Diposting pada

PLANCONG.COM – Ngomong-ngomong soal makanan, jika sobat mlancong saat ini sedang berada di Surabaya jangan sampai ketinggalan nih dengan kuliner satenya. Sate klopo bisa menjadi kuliner wajib saat berkunjung ke Surabaya. Ada salah satu sate klopo istimewa yang legendaris karena racikannya tak berubah sejak 68 tahun lalu.

Sate klopo Bu Asih Soedarmi. Sejak tahun 1945, ibu mertua Bu Asih sudah berjualan sate klopo di Jalan Ondomohen yang kini berganti nama menjadi Jalan Walikota Mustajab.

Dibanding sate lain, sate klopo unik karena menggunakan kelapa atau klopo dalam pembuatannya. Tusukan daging sapi atau ayam dibaluri bumbu kelapa parut gurih saat dibakar. Pelengkapnya berupa serundeng yang juga terbuat dari kelapa. Jadi sate klopo ala Surabaya ini adalah sate daging sapi dan lemak yang dibungkus dengan bumbu olahan kelapa lalu dibakar. Lapisan ini yang membuatnya unik.


***

Sate Klopo Surabaya sangat populer. Ini yang membuat pengunjung rela antre cukup panjang dan kerap kali kehabisan di kedainya. Kedai sate Ondomohen dulunya hanya buka dari jam 6 pagi sampai jam 1 siang saja. Lalu, semenjak makin banyaknya pelanggan, jam bukanya menjadi 6.30 sampai 11.30 malam.

Sumber : detik food

Sebagai informasi, kedai tersebut tak hanya menyediakan sate kelapa, ada juga sate ayam yang tidak kalah enak dan empuknya. Sate Sapi Klopo (Rp 25.000) berisi 10 tusuk. Nampak potongan daging sapi yang lebar dan tebal ‘diselimuti’ serpihan parutan kelapa.

Sate ini disajikan di atas bumbu kacang dan kecap. Dilengkapi irisan bawang merah, potongan cabai rawit, dan serundeng di sisiannya. Sementara pendamping lontong (Rp 3.000) disajikan dalam mangkuk terpisah.

Daging sapinya terasa empuk meski sedikit sulit digigit dari tusukkannya. Teksturnya tebal sehingga bisa puaskan selera pencinta daging sapi. Sementara parutan kelapa memberi sensasi gurih khas pada sate ini. Yang tak kalah spesial adalah bumbu kacangnya. “Bumbu kacang di sini rasanya beda dari yang lain,” ujar Bu Asih yang mengaku masih ikut memasak hingga kini.



Selain sate sapi, ada juga Sate Ayam Klopo (Rp 18.000) untuk pencinta daging ayam. Seluruh potongan sate terdiri dari daging ayam, tanpa kulit atau tetelan, sehingga rasanya padat dan empuk. Berpadu enak juga dengan bumbu kacangnya.

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Jalan Walikota Mustajab Nomor 36 Surabaya

Jam buka: 06.30 pagi-11 malam